Dispora Gelar Olahraga Tradisional

PULANG PISAU – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan olahraga tradisional tahun 2019 dalam upaya melestarikan dan memassalkan olahraga tradisional kepada para pelajar di wilayah Bumi Handep Hapakat. Kegiatan berlangsung di halaman Stadion HM Sanusi, Selasa (19/3/2019) diikuti para pelajar mulai tingkat SLTP dan SMA/Sederajat.
Ketua Panitia kegiatan, Evie Ferinita selaku Kasi Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga mengatakan, sedikitnya peserta yang mengikuti kegiatan olahraga tradisional ini berjumlah 200 orang lebih, mulai tingkat SLTP sampai SMA/Sederajat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
“Untuk cabang olahraganya sendiri yang diperlombakan ada empat cabang, yaitu Hadang Putri diikuti 7 orang per tim, Lari Terompah Panjang Putri 7 orang per tim, Engrang Putra Perorangan maksimal 7 orang peserta tiap sekolah, dan Sumpit Putra Perorangan maksimal 7 orang perwakilan,” ucap Evi saat dikonfirmasi wartawan media ini, Selasa (19/3/2019).
Kepala Dispora Pulang Pisau melalui kabid Pembudayaan Olahraga, Sumardianson mengatakan, kegiatan yang rutin digelar Dispora Pulpis sangat penting, karena selain sebagai ajang pelatihan fisik atau kesehatan juga untuk mengasah kemampuan serta tempat menyalurkan hobi para pelajar dalam dunia olahraga.
Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi, memperkokoh persatuan, persaudaraan dan kebersamaan kita sebagai anak bangsa. Ia berharap dengan terlaksananya kegiatan olahraga tradisional yang digelar oleh Dispora Pulpis, kedepannya mampu mengenalkan budaya tradisi daerah melalui olahraga tradisional ini.
“Bagi peserta juga kita harapkan kedepannya mampu bersaing di perlombaan tingkat provinsi maupun nasional,” katanya. “Mari terus berkarya dan berjuang lebih keras lagi untuk menjadi masyarakat yang lebih maju dan berprestasi, khususnya dalam bidang olahraga,” harapnya.
Dengan dilaksanakannya kegiatan olahraga tradisional tahun 2019 ini, tambahnya, semoga dapat menjaring atlet-atlet berprestasi yang ada di wilayah Bumi Handep Hapakat. “Kepada para peserta saya ucapkan selamat bertanding, raihlah prestasi dengan tetap menjaga prioritas. Kepada tim wasit atau juri, hendaknya melakukan tugasnya dengan baik, objektif dan jujur tentunya,” tutup Sumardianson.

[SUMBER]