Jadi Mentor Diklat PKP IV Tiga Kepala Bidang Dispora Hadiri Seminar Aksi Perubahan

Tiga Kepala Bidang pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pulang Pisau, yakni Kabid Pembudayaan Olahraga Sumardianson, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Evi Ferenita, dan Kabid Layanan Kepemudaan Tono, menghadiri kegiatan Seminar Aksi Perubahan selaku Mentor pada Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pratama (PKP) IV angkatan V dan VI ASN di BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan pada 11 s/d 13 Oktober 2021.

Hadirnya ketiga Kepala Bidang ini sebagai mentor Diklat Peserta atas nama Yunika Alex Sapoetra, S.Sos., MAP, M. Agus Salim S.Sos, dan Intan S.Sos yang masing-masing mereka bawahi.

Kabid Pembudayaan Olahraga Sumardianson mengatakan. “Sebagai mentor wajib menghadiri seminar ini sekaligus menerima pembekalan,” ujarnya.

Dijelaskannya pelaksanaan Diklat PKP IV tersebut dilaksanakan dari tanggal 20 September 2021 sampai dengan 16 Desember 2021 yang bersifat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), namun hanya pada saat seminar dihadiri langsung ke BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita berharap seluruh peserta terutama peserta dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga yaitu Kasi Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga Yunika Alex Sapoetra, S.Sos., MAP, Kasi Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga M. Agus Salim S.Sos, dan Kasi Pengembangan Pemuda Intan S.Sos, berjalan dengan lancar dan mengikutinya dengan fokus serta dapat membawa perubahan untuk kemajuan bersama. Do’akan saja semoga ketiga utusan Dispora tersebut lulus dan mendapat nilai yang terbaik,” harap Sumardianson.

Kabid Layanan Kepemudaan Tono menambahkan, kewajiban mentor tidak hanya pada saat seminar diklat ini saja.

“Kemungkinan sekali lagi kami akan ke Balai Diklat, yang pertama pada saat peserta mempresentasikan proposal proyek perubahan (proper) yang dikerjakannya, dan kedua pada saat sidang ujian akhir proper peserta nanti” tambahnya.

“Setelah ujian nanti peserta akan kembali ke tempat tugas untuk bekerja dan mengaplikasikan apa yang telah mereka rancang dalam proyek perubahan pada diklat tersebut,” pungkas Tono.

Ditempat yang sama Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Evi Perenita mengatakan “Meskipun proses diklat berbeda dengan diklat di tahun-tahun sebelumnya karena masih di masa Pandemi maka Diklat kali ini dilaksanakan secara Daring. Kasi Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga M. Agus Salim S.Sos yang saya bawahi hampir sebulan ini mulai tanggal 20 September 2021 mengikuti Diklat PKP IV dilakukan secara Daring (Zoom meeting) di lanjutkan Minggu ini mengikuti Diklat secara tatap muka pada tanggal 13 Oktober 2021 di BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan. Tepat di Hari Rabu 13 Oktober 2021 dilaksanakan Seminar Aksi Perubahan dari Rancangan Aksi Perubahan yang akan di angkat sebagai Proper (Program Perubahan)”. Ujarnya.

Ketiga Peserta Diklat PKP IV utusan Dispora merasa bangga dan senang dapat mengikuti kegiatan Diklat PKP IV ini karena tidak semua ASN yang meskipun sudah memenuhi syarat namun tidak serta merta bisa langsung mengikuti Diklat ini, butuh proses panjang yang dilalui. Semoga semua nantinya bisa mengikuti Diklat PKP IV ini, banyak manfaat dari Diklat ini yang bisa menjadi bahan dan modal utama sebagai seorang Leader/pimpinan di dalam sebuah OPD. Semoga Proper yang diangkat bisa dilaksanakan dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat sebagaimana yang diharapkan. Ucap para Peserta.

Adapun Proper yang diangkat oleh Kasi Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga Yunika Alex Sapoetra, S.Sos., MAP adalah “Pelayanan Survei dalam Pembuatan Policy Brief Pada Seksi Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pulang Pisau”

Sedangkan Proper yang diangkat oleh Kasi Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga M. Agus Salim S.Sos adalah “Optimalisasi Indek Pembangunan Olahraga Melalui System Informasi Pengukuran Pembangunan Olahraga (SYMPORA) Pada Seksi Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pulang Pisau”

Terakhir Proper yang diangkat oleh Kasi Pengembangan Pemuda Intan S.Sos adalah “Pengelolaan Data Pemuda Pelopor Dengan Google Form Secara berjenjang Pada Seksi Pengembangan Pemuda di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pulang Pisau”

Ditempat terpisah Kadispora Sukarja, S.Sos mengatakan, “diklat PKP IV bukan kali ini saja yang diikuti oleh Pegawai Dinas Kepemudaan dan Olahraga, namun beberapa waktu yang lalu saat masih bernama Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) juga pernah di ikuti oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian dan Kasi Promosi Olahraga di Balai Diklat Provinsi Kalimantan Tengah. Nantinya semua ASN yang memenuhi syarat akan kebagian karena Diklat PKP merupakan diklat yang wajib diikuti oleh semua ASN yang menduduki Jabatan Struktural (Eselon), kita tunggu saja hanya menunggu waktu saja”. Tutup Kadispora secara singkat di ruang kerjanya.