Bupati Pulang Pisau Lepas Kontingen IBAB

Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, Senin (25/10/2021) resmi melepas puluhan pemuda Bumi Handep Hapakat untuk mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan tanggal 27 – 28 Oktober 2021.

Pelepasan dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Pulang Pisau. Kegiatan turut dihadiri oleh Assisten I, Kaban Kesbangpol beserta Kabid dan Kadispora beserta Kabid.

Bupati Pulang Pisau dalam arahannya mengatakan, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang sangat penting dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mata rantai perjuangan Bangsa Indonesia.

“Atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh kontingen yang berpartisipasi mewakili Daerah untuk mengikuti kegiatan tersebut. Penting untuk mengingat betapa pentingnya dalam Sejarah Bangsa Indonesia, Pemuda mempunyai posisi dan peran penting bagi terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Pudjirustaty Narang

Ia menjelaskan bahwa, kegiatan HSP dan IBAB dilaksanakan untuk meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme serta upaya menyegarkan kembali pemahaman mengenai wawasan Kebangsaan, dan menumbuhkan kembali rasa bangga dari generasi muda agar lebih cinta terhadap NKRI.

Pihaknya mengharapkan dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat menanamkan semangat Sumpah Pemuda agar menjadi motivasi bagi pemuda-pemudi di Bumi Handep Hapakat untuk maju berkarya, berinovasi dan berkreasi membangun dan terus memajukan serta membawa harum Daerah baik dikancah Nasional maupun event-event lokal lainnya.

“Kami berharap para peserta IBAB dari Kabupaten Pulang Pisau bisa mengikuti kegiatan dengan baik dan menjaga nama baik Kabupaten. Yang terpenting jaga kesehatan dan tatap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sementara, dalam kegiatan tersebut Kontingan Pulang Pisau diikuti sebanyak 53 orang yang diambil dari DPD KNPI, Pelajar SLTA/Sederajat, Organisasi Kepemudaan, PNS Kesbangpol dan Dispora Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam kegiatan itu, kontingan Pulang Pisau akan mengikuti beberapa agenda kegiatan diantaranya penanaman Mangrove yang berlokasi di Pantai Siamuk, Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir.

Kemudian pelaksanaan Malam Pencerahan dengan Bupati Seruyan di Aula Kantor DPRD Seruyan, serta Upacara Hari Sumpah Pemuda dan Ikrar Bersama Anak Bangsa bertempat di halaman Kantor Bupati Seruyan.