Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di halaman Kantor Bupati Seruyan, Kamis 28 Oktober 2021.

Dalam upacara ini diikuti sejumlah Bupati dan Pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng dan dihadiri pemuda-pemudi perwakilan kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah.

Selaku inspektur upacara, Wakil Gubernur Kalteng pada kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Dikatakan, Hari Sumpah Pemuda ke 93 mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Menurutnya tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.

“Momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda,” tandasnya.

Dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tingkat Provinsi Kalteng di Kuala Pembuang turut diisi dengan pembubuhan tanda tangan komitmen bersama untuk Kalteng Berkah oleh seluruh pemuda pemudi se-Kalteng, diatas bentangan kain sepanjang 93 meter.

SUMBER