Dispora Sambut Kedatangan Tim Sepeda Jelajah Nusantara

Sabtu 7 juli 2018, Pulang Pisau menjadi bagian dari jalur Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018. Tim ini merupakan bagian dari salahsatu program unggulan Kemenpora dibawah payung Ayo Olahraga yakni Sepeda Nusantara 2018, untuk memulai penjelajahan mengayuh sepeda dengan jarak tempuh 6.500 Km. Sejatinya, tema keseluruhan dari Sepeda Nusantara 2018 ini adalah Bangun Indonesia.

Perjalanan mereka dimulai pada 30 juni 2018 dari Entikong, sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia, merupakan beranda terdepan NKRI yang menghadap Malaysia, akan menjadi titik 0 Km bagi penjelajahan 15 pesepeda dalam kurun waktu hampir empat bulan lamanya dengan melintasi pulau Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan finish di Bali.

Di Kabupaten Pulang Pisau, Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga secara resmi menyambut dan melepas tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 yang mampir untuk bersosialisasi di Kabupaten ini, dengan pesan-pesan penting antara lain adalah bahwa para pegoes ini merupakan duta pemerintah dalam hal ini Kemenpora, bertugas mengajak masyarakat berolahraga, untuk lebih cinta terhadap olahraga, melalui tema besarnya adalah Ayo Olahraga.

Disisi lain, tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 ini akan melibatkan masyarakat umum dan komunitas olahraga dalam misi mengkampanyekan Ayo Olahraga serta tak ketinggalalan menggali kekayaan olahraga tradisional di sepanjang rute yang dilalui, untuk dipublikasikan sebagai asli kekayaan budaya Indonesia.

Personil dari tim Jelajah sepeda Nusantara 2018 disektor putra antara lain adalah Alfian Zulfajrin (Sulbar), Dede Supriatna (Jabar), Fito Bakdo Prilanji (Kalbar), Isnaeni Ikhsan QS (Jabar), Lioe Irwan (Jateng), Marta Mufreni (Jakarta) selaku Road Captain serta Sujadi (Jabar).

Kemudian disektor putri terdiri dari Darna (Sulsel), Gita Widya Yunika (Jatim), Henny Kurniasih (Lampung), Mitya Fitriana (Jabar), Ni Made Dwi Puspasari (Bali), Nina Puspawardhani (Jateng), Susi Suryati (Jabar), serta Yuni Indah Lestari (Jatim).

Selepas dari Kabupaten Pulang Pisau, tim melanjutkan perjalanan ke Kuala Kapuas dilanjutkan ke arah Kalimantan Selatan.