Lomba Cipta Menu

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pulang Pisau yang ke-15 dan Perayaan HUT Republik Indonesia ke-72. DWP Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pulang Pisau turut serta dalam gelaran Lomba Cipta Menu Beragam, yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pulang Pisau bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulang Pisau, dengan Tema “Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA)”. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat dalam konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Handep Hapakat. Sementara untuk peserta lomba yaitu dari Darma Wanita SOPD di Lingkup Pemkab Pulang Pisau dan Tim Penggerak (TP) PKK yang ada di 8 Kecamatan. Penilaian lomba dipertimbangkan aspek dukungan pemerintah daerah/masyarakat terhadap penerapan konsumsi B2SA. Penerapan B2SA secara teknis dilakukan melalui pendekatan porsi makanan yang sudah disesuaikan dengan Angka Kecukupan Energi (AKE) rekomendasi Permenkes Nomor 75. Tahun 2013 tentang Angka Kecapapaian Gizi bagi bangsa indonesia.

Melalui kegiatan ini peserta akan mensosialisasikan dan melakukan gerakan terus menerus agar dapat meningkatkan dan ketrampilan serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat menuju Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

Sedangkan petunjuk Lomba disusun dengan melibatkan Tim Pengerak (TP) PKK Kabupaten Pulang Pisau, sehingga paduan ini diharapkan dapat menjadi acuan, sekaligus mempromosikan konsumsi pangan B2SA kepada masyarakat. Untuk pemenang dari lomba ini akan menjadi wakil Kabupaten Pulang Pisau mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat Propinsi Kalimantan Tengah. Melalui kegiatan ini kita harapakan akan muncul berbagai menu varian baru makanan dengan berbasis bahan lokal, seperti singkong, jagung, pisang, ikan dan lainnya, sehingga konsumsi pangan masyarakat yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dapat terpenuhi. Dan juga melalui kegiatan ini, diharapkan prinsip B2SA tidak terbatas pada lomba saja, tetapi diaplikasikan dalam konsumsi sehari-sehari. Sebab, untuk tetap sehat, aktif, cerdas, dan produktif setiap individu harus mengkonsumsi anekaragam pangan secara berimbang dari berbagai jenis tanaman, ternak, dan ikan sebagai sumber karbohidrat, protein serta vitamin dan mineral, karena tidak ada satupun bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap.

Untuk 3 peserta yang keluar sebagai pemenang. Yaitu:
Juara 1 Kecamatan Pandih Batu,
Juara 2 DWP Setda Kab Pulang Pisau, dan
Juara 3 DWP DPPKAD. (Oke)

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *