Pengukuhan Paskibraka 2017

Sebanyak 41 peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten 2017 yang terdiri dari 25 putra dan 16 putri perwakilan dari 8 Kecamatan secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Pulang Pisau di Aula Setda Kab Pulang Pisau, Selasa (15/8) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan ini. Plt Sekda Kabupaten Pulang Pisau, Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Perwira Penghubung Kodim 1011/KLK, Wakapolres Pulang Pisau, Asisten I, II, dan III, serta tamu undangan dari kepala SOPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau dan tamu undangan orang tua/wali peserta paskibraka.

Setelah mengikuti Diklat Paskibraka di Losmen Anni, Kabupaten Pulang Pisau selama 13 hari dari tanggal 3 agustus sampai 15 agustus 2017. Para Paskibraka ini nantinya akan menunaikan tugas mulia pada upacara detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis (17/8) di Halaman Kantor Sekertariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau. Pengukuhan ini ditandai dengan Ikrar yang diucapkan secara bersama.

Bupati Pulang Pisau berharap para Paskibraka mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. “Pemuda adalah generasi penerus yang melanjutkan dan mengembangkan nilai-nilai yang telah dimiliki oleh generasi terdahulu. Untuk memiliki nilai-nilai tersebut, generasi muda perlu menghayati kejadian kejadian penting dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu diantaranya ikut serta dalam kegiatan upacara kenegaraan 17 Agustus khusus pada tugas pengibaran dan penurunan bendera merah putih.” ujar Bupati dalam sambutannya.

Bupati juga berharap agar seleksi ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan yang diharapkan. “mari kita jalin kekompakan antar semua unsur dalam seleksi ini. Baik peserta, tim pelatih dari TNI, Polri, dan PPI, maupun panitia dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pulang Pisau dengan memperhatikan tugas dan tanggung jawab masih-masing.

Senada dengan Bupati Pulang Pisau, Plt Kadispora Pulang Pisau pun juga berharap para Paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. “Berikutnya mereka harus melaksanakan tugas dengan baik karena detik-detik bersejarah itu akan kita hadapi bersama, jadi 17 Agustus mereka harus menyiapkan lahir dan batin segala niat, tekat dan ikrar harus betul-betul dimaksimalkan” kata Plt Kadispora Sekon S.pd.

Melalui momentum pengukuhan ini pula Plt Kadispora Kabupaten Pulang Pisau mengajak para generasi muda berikutnya di seluruh Kabupaten Pulang Pisau untuk terus berlatih karena mereka juga sama. “nantinya seluruh mata akan tertuju kepada para Paskibraka ini termasuk adik-adik Paskibraka yang ada di Kecamatan, Desa, dan Sekolah-sekolah. Mereka sama-sama memiliki sejarah mengibarkan Sang Saka Merah Putih meskipun tempatnya berbeda tetapi semangatnya sama” ujarnya.

Sedangkan Pemimpin Upacara pada Pengukuhan Paskibraka, I Putu Ardika Saputra dari Kecamatan Kahayan Hilir mengaku bangga dapat mengikuti pengukuhan Paskibraka langsung oleh orang nomor 1 di Kabupaten Pulang Pisau. “bangga sekali dan terharu yang pasti saya senang bisa dikukuhkan bersama dengan teman-teman lain dari seluruh Kecamaran se Kabupaten Pulang Pisau dan langsung oleh Bapak Bupati” ucapnya. (Oke)

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *