Pemkab Pulang Pisau Rapat Bersama bahas pencegahan COVID-19

Presiden RI Joko Widodo melalui siaran persnya kepada seluruh kepala daerah baik Gubernur, Walikota dan Bupati untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19. Serta surat edaran para Menteri yakni, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Menteri Dalam Negeri dan Menpan RB dalam hal ini bersama pemerintah daerah dan pusat melakukan pencegahan COVID-19.
Menindaklanjuti intruksi Presiden dan surat edaran para Menteri tersebut, Pemkab Pulang Pisau melaksanakan rapat bersama untuk mencegah penyebaran virus corona. “Menindaklanjuti intruksi Presiden dan surat edaran para Menteri tersebut, kita mengadakan rapat bersama dalam melakukan pencegahan virus corona,” kata Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo, Senin, 16 Maret 2020.
Hasil rapat bersama tersebut, lanjut dia, diantaranya membuat edaran kesemua jajaran terkait baik Pemerintah, Dunia Swasta dan sebagainya agar mereka bersama-sama membantu Pemkab melakukan pencegahan COVID-19 ini. Ia membeberkan, saat ini Kapal-kapal dari wilayah Jawa banyak yang masuk ke Pelabuhan Bahaur dan sebaliknya agar peralatan pendeteksi suhu tubuh.
“Itu salah satu gerakan kita, dan itu sudah saya sampaikan ke Dinas Perhubungan, dan kemudian ke perusahaan-perusahaan perkebunan dan lainnya,” ucap dia. Tak hanya itu, sambung dia, termasuk para staf di perusahaan diwilayahnya keluar masuk Jawa-Pulpis. “Intinya kita mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari Rumah Sakit termasuk Puskesmas agar betul-betul siap menghadapi COVID-19,” beber dia.
Menurutnya, untuk saat ini terkait dengan pembentukan satgas khusus masih menunggu intruksi dari Provinsi. Namun, pihaknya juga akan mempersiapkan baik itu penetapan status, libur sekolah. ” Untuk langkah kita menghadapi Covid-19 ini semaksimal mungkin untuk melakukan pencegahan itu, termasuk meminta agar di setiap kantor-kantor mempersiapkan hand sanitizer, dan lainnya untuk pencegahan,” tegasnya.
Ia menambahkan, tujuan rapat yang dilaksanakan pihaknya ini dalam rangka memantapkan persiapan-persiapan untuk pencegahan covid-19.

(SUMBER)